Pengertian seni budaya adalah: fungsi, jenis dan contoh

Diposting pada

Pengertian seni budaya adalah: fungsi, jenis dan contoh

Pahami seni budaya

Seni budaya adalah segala sesuatu yang dibuat oleh orang-orang yang terkait dengan gaya hidup dan berkembang bersama dalam kelompok yang memamerkan unsur keindahan (estetika) dari generasi ke generasi.

Pengertian-seni-budaya-adalah-fungsi-jenis-dan-contoh

Ini didasarkan pada arti setiap kata seperti yang disebutkan di atas. Ketika kata “seni” dan “budaya” digabungkan menjadi “seni dan budaya” dapat diartikan sebagai karya seni apa pun yang sengaja dibuat. Pembuatannya didasarkan pada akal budi atau berbagai contoh kelompok sosial yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.
Pengertian Seni Budaya Menurut para ahli

Menurut Andreas Eppink

Budaya adalah pernyataan artistik dan intelektual yang harus menjadi ciri masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor

Budaya berarti keseluruhan yang kompleks yang mengandung berbagai aspek masyarakat.
Menurut Ida Bagus Putu Perwita

Seni budaya mendukung media upacara adat.

Macam seni budaya

Berikut jenis-jenis seni budaya yaitu:

Menari

Salah satu seni budaya yang masih berkembang di masyarakat saat ini adalah seni tari. Tentunya sebagian orang sering menghadiri peragaan tari, dan terkadang tidak jarang orang menghadiri peragaan gerak tari tersebut.
seni
seni

Istilah seni rupa merupakan salah satu contoh seni yang diciptakan melalui media yang dapat digenggam oleh mata dan dirasakan melalui sentuhan. Penciptaan karya seni berdasarkan konsep titik, bidang, bentuk, garis, warna, volume dan lain-lain dengan acuan estetika.
Seni musik
Seni musik

Musik merupakan salah satu contoh seni budaya yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Makna musik merupakan salah satu cabang seni yang menitikberatkan pada penggunaan melodi, tempo, ritme, harmoni dan alat musik lainnya. Seni musik digunakan untuk mengekspresikan perasaan penciptanya dan dapat meningkat dan berubah seiring waktu.
Seni teater
Teater seni

Artikel Terkait :  Download Meliputi: Pengertian, Fungsi, Sistem dan Hak Cipta

Seni teater adalah seni pertunjukan yang ditampilkan di atas panggung. Secara maksimal, seni teater adalah seni yang menampilkan gerakan-gerakan manusia yang dihadirkan melalui dialog dan aksi para pemainnya.
Keahlian
Seni dan pahatan

Pengerjaan dapat diartikan sebagai seni yang dibuat dengan tangan dan mempertimbangkan berbagai aspek artistik dan fungsional. Waktu, kerajinan itu sendiri identik dengan kerajinan. Kerajinan ini sudah ada sejak zaman kuno.

Fungsi seni budaya

Adapun fungsi dari seni budaya yaitu:

Praktis

Artinya, fungsi karya seni berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan fungsional manusia. Misalnya kursi dan meja dari warga Jepara. Karya seni budaya ini tidak hanya indah dipandang, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
estetika

Artinya, fungsi karya seni berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal dekorasi. Misalnya patung, lukisan, arca dan sejenisnya. Terkadang karya seni budaya ini juga digunakan untuk ritual keagamaan.

 

BACA JUGA :