Gigi Mundur Mobil Macet, Ini Penyebab dan Solusinya

Diposting pada

Cara mengatasi mobil susah pasang gigi mundur

Gigi Mundur Mobil Macet, Ini Penyebab dan Solusinya

Mobil sulit untuk mundur – Mundur dalam mobil adalah salah satu teknik yang perlu Anda kuasai sebagai pemula untuk mengendarai mobil manual. Mundur pada mobil matic atau mundur pada mobil manual sama-sama harus memindahkan tuas transmisi ke R.

R sendiri adalah kode nama Reverse adalah nama gigi mundur mobil yang ada di simbol gigi.

Namun, ini terkadang lebih merupakan masalah dengan gigi mundur otomatis manual daripada dengan gigi otomatis otomatis. Karena gigi mundur mobil manual sering terganggu.

Untuk memberikan sedikit gambaran tentang penyebab terjadinya hard reverse pada mobil, berikut kami rangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi hard reverse.
Penyebab mobil sulit saat menggunakan gigi mundur

Penyebab mobil sulit untuk pindah gigi mundur biasanya karena kondisi pengikisan dan keausan pada komponen muka kopling mobil yang menyebabkan kabel shifter terjepit.

Penyebab lain yang bisa membuat mobil sulit untuk melakukan perpindahan gigi mundur adalah angin yang masuk ke bagian master kopling tipe hidrolik.
Viral: Daftar Harga Mobil Bentley Bekas Terbaru

Secara umum, desain sistem transmisi manual gigi mundur tidak menyertakan komponen sinkron, melainkan memotong langsung antara dua roda gigi.

Jadi jika dalam hal ini tindakan memindahkan tuas persneling ke mundur diperlakukan berbeda dengan tindakan menarik gigi 1, 2, 3, 4, 5.

Jadi jangan heran jika Anda melakukan perpindahan gigi mundur di waktu yang salah atau posisi antar gigi tidak sejajar, maka ada kemungkinan Anda akan mendapati bahwa gigi mundur tidak dapat bergerak ke posisi R.
Cara mengatasi mobil susah pasang gigi mundur

Artikel Terkait :  Akuntansi adalah: jenis, manfaat, fungsi, komponen, tujuan

Jika mobil kesulitan memasang gigi mundur, Anda bisa mengatasinya dengan meletakkan gigi di posisi netral terlebih dahulu.

Kemudian lepas dan kembalikan pedal kopling sambil menggerakan tuas yang semula netral menjadi mundur.

Langkah selanjutnya jika sebelumnya sudah melakukan cara memasang gigi mundur pada mobil. Oleh karena itu harus dipastikan bahwa kendaraan pertama kali berhenti total.
Viral: 4 cara atasi error alarm mobil

Injak rem lalu pindah gigi dari posisi gigi selain mundur. Cara gigi mundur ini bertujuan untuk menghentikan putaran mesin dengan sempurna dan memudahkan Anda untuk memindahkan tuas persneling ke mundur.

Penting juga untuk memastikan bahwa roda gigi di gearbox tidak tersingkir atau aus.

Jika cara gigi mundur di atas tidak berhasil atau terlalu memakan waktu, pilihan lain adalah menempatkan shifter pada gigi 1 terlebih dahulu. Setelah itu, ulangi langkah di atas dengan menekan pedal kopling dengan kuat dan menggeser tuas transmisi kembali ke posisi mundur.

Semoga gambaran tentang cara mengatasi mobil susah saat mau mundur bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah diatas.

Sumber :