Perhitungannya adalah: definisi, fungsi, jenis, kursus, contoh

Diposting pada

Perhitungannya adalah: definisi, fungsi, jenis, kursus, contoh

Definisi faktur

Faktur juga dikenal sebagai perhitungan penjualan kredit, yang diteruskan penjual kepada pembeli dan konsumen. Atau faktur lain yang ditentukan, biasanya disebut sebagai faktur, jika terdapat bukti dalam bahasa Inggris bahwa item yang tercantum di dalamnya sedang diperdagangkan.

Perhitungannya-adalah-definisi-fungsi-jenis-kursus-contoh

Surat ini akan memuat berbagai informasi tentang pelanggan (seperti nama, alamat atau nomor pesanan), barang (seperti jumlah, jenis, model, dll.), Harga, atau lainnya. Singkatnya, yang dimaksud dengan faktur adalah desain pengirimannya. Barang yang mencatat daftar barang, harga, atau hal lain yang biasanya berhubungan dengan pembayaran. Ketika ada kesepakatan antara konsumen dan penjual tentang harga suatu barang, faktur umumnya dibuat sebagai bukti.

Namun, jika pembayaran harus dilakukan secara teratur atau secara kredit dalam kontrak pembelian / penjualan, salinan faktur baru akan diterbitkan sebelum pembayaran penuh dilakukan setelah pembayaran penuh, faktur asli dapat diberikan. Faktur adalah dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti tertulis atau sebagai catatan untuk perusahaan yang menjual atau membeli. Faktur ini nantinya akan menjadi bukti transaksi dari penjualan.
Lihat juga: √ Perbedaan data dan informasi

Pahami invoice menurut ahlinya

1. Sugeng Hariyanto

Menurut Sugeng Hariyanto, pengertian faktur merupakan indikasi yang menggambarkan barang yang dikirim ke pembeli beserta harganya. Catatan ini dibuat oleh penjual dan biasanya dikirim ke pembeli untuk meminta pembayaran atau sekadar memberi tahu faktur jika pembayaran menggunakan basis kredit.
2. Andrian Sutedi

Menurut Andrian Sutedi, definisi faktur merupakan dokumen penting dalam perdagangan, karena data dalam faktur ini menunjukkan berapa banyak faktur yang harus ditarik, seberapa tinggi nilai pertanggungannya dan berapa bea masuk yang ditagihkan.

Artikel Terkait :  Sudut Pusat dan Sudut Keliling: Hubungan, Rumus, Unsur

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI yang dimaksud dengan invoice adalah daftar kiriman yang memuat catatan nama penjual, jumlah dan harga yang harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.
Komponen faktur

Setiap perusahaan pasti memiliki format invoice yang berbeda tergantung kebutuhannya. Namun, ada beberapa komponen yang harus dimasukkan ke dalam invoice agar informasi yang ada di dalamnya lengkap sesuai pesanan pelanggan.

Berikut adalah beberapa komponen pada faktur:

Nomor seri faktur
Nomor pesanan / pesanan
Kode nomor transaksi DO / SJ atau DO / SJ
Detail item
Subtotal
Diskon (jika ada)
Biaya pengiriman (jika ada)
Biaya PPN
total biaya
Sejarah faktur

Faktur pajak awalnya dibuat secara manual yang formatnya disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dalam praktiknya, banyak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) atas faktur pajak kertas. Orang PKP dapat dengan mudah membuat salinan kertas faktur sehingga datanya dapat dimanipulasi dan tidak diperhitungkan. Pada tahun 2014, Direktorat Jenderal Pajak mulai menerapkan faktur pajak melalui aplikasi faktur elektronik (e-invoice) untuk memudahkan pelaporan perpajakan sekaligus mengurangi penyalahgunaan oleh oknum PKP yang tidak bertanggung jawab. Sebagai salah satu permintaan resmi, faktur elektronik tersebut telah memenuhi Pasal 11 Peraturan No. PER-16 / PJ / 2014 tentang Direktur Jenderal Pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang membuat dan melaporkan faktur pajak dengan mengunggah dan mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Pajak (PKP). DJP. Artikel ini membahas topik secara lengkap sehingga Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang e-invoice dan jenis-jenis invoice.

 

 

Baca Juga :

https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/alight-motion-pro/
https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/video-bokeh-museum/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/distribusi-frekuensi/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/reboisasi/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/pengertian-pers/
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/425/artikel-review-alight-motion-pro
http://10109113.blog.unikom.ac.id/review-alight.87b