Dituding Mirip TikTok, Instagram Berbenah Siapkan Fitur Terbaru

Diposting pada

Baru-baru ini, jejaring sosial Instagram telah sangat diakui oleh penggunanya karena mencoba meniru resep sukses TikTok. Upaya ini mengarah pada peluncuran Reel di Instagram dan Shorts di YouTube.

Tetapi platform meta visual-pertama ini mengklaim bahwa ia secara eksplisit ingin melangkah lebih jauh dari sekadar mendorong pembuatan video pengulangan cepat. Perusahaan mulai menguji antarmuka pengguna seperti TikTok, atau UI, dengan posting yang berisi rekomendasi algoritmik layar penuh dan video yang menarik reaksi keras dari pengguna. Karena itu, perusahaan telah memutuskan untuk membatalkan perubahan.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan aspek rasio foto foto secara keseluruhan ke orientasi potret. Gambar atau foto ini kemudian dikirim ke umpan pengguna. Sebelumnya, foto potret ini hanya bisa dikirim dan dilihat secara keseluruhan di Instagram Stories.

Jika Anda mencoba mengunggahnya ke umpan Anda sebagai pos, Anda akan menemukan bahwa aplikasi memotongnya ke rasio aspek 8:10. Sekarang sepertinya Instagram siap bagi pengguna untuk mengunggah gambar level yang lebih tinggi.

Dalam Q&A mingguan Adam Mosseri (melalui Engadget), bos Instagram mengonfirmasi bahwa aplikasi akan menguji foto Posting dengan rasio aspek hingga 9:16. Alasan sederhana untuk tes ini adalah bahwa Anda saat ini dapat mengunggah video besar ke Instagram (baik sebagai posting biasa, posting IGTV, atau gulungan), tetapi bukan foto, dan mereka harus diperlakukan sama.

Foto 9:16 dikatakan bekerja paling baik dengan antarmuka layar penuh populer yang baru-baru ini diuji Instagram. Perusahaan menguji ulang, tetapi tim pengembangan mungkin masih mencari cara untuk merevisi desain.

Fitur baru ini kabarnya masih dalam tahap uji coba. Sebelum dirilis, pengujian di atas akan dijalankan untuk sejumlah pengguna tertentu selama berminggu-minggu sebelum fitur tersebut diterapkan secara luas atau dihapus seluruhnya jika dianggap sebagai bug.

Artikel Terkait :  Kasus Hacker Bjorka Meledak, Kemenkeu Siap Tambah Anggaran BSSN Jadi Rp 624 Juta

Sedangkan untuk Instagram yang semakin mirip TikTok, sudah terlanjur memancing kemarahan warganet. Selebriti terkenal dunia Kylie Jenner juga sebelumnya turun tangan untuk menyoroti perubahan ini di Instagram. Banyak orang menuduh Instagram tidak orisinal karena mencoba meniru tampilan mirip TikTok.

Sumber: