Senam : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis

Diposting pada

Senam adalah olah raga dimana semua anggota tubuh digerakkan dari ujung kaki ke kepala membutuhkan gerakan fisik yang teratur dan cepat.

pengertian-senam

Definisi lain dari kesenangan adalah salah satu latihan fisik yang disusun secara sistematis dalam bentuk keputusan yang disadari dan direncanakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan yang berkaitan dengan nilai-nilai mental seseorang.

Pengertian senam Menurut para ahli

Ada beberapa pendapat ahli tentang senam, di antaranya sebagai berikut:

Margono

Menurut Margono, senam merupakan senam gerak tubuh yang diciptakan secara sistematis dengan tujuan untuk menciptakan gerakan yang selaras dalam perkembangan fisik dan kemampuan bergerak seseorang.

Mahendra

Menurut Mahendra, senam merupakan kegiatan utama yang mengembangkan bentuk-bentuk gerak yang harmonis pada komponen fisik dan kemampuan bergerak.

Peter H. Werner

Menurut H. Werner, senam merupakan salah satu jenis senam yang bertujuan untuk meningkatkan kelenturan dan daya tahan tubuh melalui penggunaan alat senam lantai.

Imam Hidayat

Menurut Imam Hidayat, pentingnya senam merupakan salah satu bentuk senam yang dilakukan secara terencana dan terstruktur untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan.

Sutrisno dan Gaddafi

Menurut Sutrisno dan Khadafi, senam merupakan kegiatan senam fisik yang dilakukan secara rutin melalui gerakan tubuh secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu.

Madijono

Menurut Madijono, senam merupakan kegiatan olah raga yang dipilih dengan memasukkan gerakan-gerakan tertentu agar bermanfaat bagi tubuh sendiri.

Sejarah senam

Dalam bahasa Yunani kuno, kata “gymnos” berarti telanjang. Pada tahun 1000 SM Hingga 476 Masehi, para pemuda Yunani kuno biasa melatih diri atau melatih diri untuk meningkatkan kebugaran jasmani mereka.

Artikel Terkait :  Konjungsi: definisi, properti, tipe, dan contoh

Pada saat ini senam (senam) memiliki arti yang sangat luas dan tidak terbatas. Di Yunani kuno ada berbagai kegiatan olahraga seperti tinju, atletik, dan gulat.
Jenis senam

Menurut Gbr, ada beberapa jenis olah raga, diantaranya sebagai berikut:

Senam akrobatik

Senam akrobatik merupakan senam yang sangat mengandalkan keseimbangan dalam gerakan yang biasanya melibatkan gerakan berbahaya, seperti berjalan. B. Jungkir balik.

Olahraga senam

Senam artistik merupakan salah satu senam yang sering dilakukan pada kejuaraan senam internasional. Dalam latihan ini terdapat gerakan-gerakan yang terdiri dari alat-alat yang diatur sesuai aturan lomba.

Latihan trampolin

Latihan trampolin adalah jenis latihan yang dilakukan di atas trampolin dengan melakukan akrobat sambil melompat di atas trampolin.

Senam ritmik

Senam ritmik merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang diiringi dengan irama musik yang dipadukan dengan beberapa alat senam lain seperti pita dan lain-lain.

Senam umum

Senam ini merupakan salah satu jenis senam yang biasa digunakan pada senam pagi hari di sekolah dan dalam kebugaran jasmani.

Manfaat olahraga

Ada beberapa keuntungan melakukan senam, di antaranya sebagai berikut:

  • Menjadi lebih muda atau menghambat penuaan.
  • Ketika seseorang bersenang-senang secara teratur, mereka mendapatkan kebugaran fisik.
  • Senam juga bermanfaat bagi seseorang secara fisik, mental, dan sosial.
  • Jadilah osteoblas dan osteoklas yang seimbang.
  • Memperbaiki sirkulasi darah dengan lancar.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pentingnya Senam Menurut Para Ahli, serta Sejarahnya, Jenis dan Manfaatnya
Semoga penjelasan materi ini bermanfaat, terima kasih.

Sumber :

Artikel Terkait :  "Jaka Tarub" Cerita Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya