Download Meliputi: Pengertian, Fungsi, Sistem dan Hak Cipta

Diposting pada

Pahami unduhan

Mendownload merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh para pengguna jaringan internet. Bagi yang sering membuka dunia internet, istilah download tentunya bukan istilah yang familiar di telinga mereka. Bagi orang yang jarang terkoneksi dengan internet, istilah download tentunya bukan istilah yang familiar di telinga mereka, sebagian orang awam belum pernah mendengar istilah download atau akan menggunakannya sama sekali.

 

Download-Meliputi-Pengertian,-Fungsi,-Sistem-dan-Hak-Cipta

Unduhan umumnya mentransfer seluruh file ke penyimpanan lokal dan kemudian menggunakannya, sebagai kebalikan dari streaming di mana data digunakan segera saat transfer masih berlangsung dan yang mungkin tidak disimpan dalam jangka panjang. Situs web yang menawarkan media streaming atau media yang ditampilkan di browser, seperti YouTube, semakin membatasi kemampuan pengguna untuk menyimpan materi ini di komputer mereka setelah menerimanya.

Mendownload tidak sama dengan mentransfer data. Memindahkan atau menyalin data antara dua perangkat penyimpanan adalah transfer data, tetapi menerima data dari Internet berarti mengunduh.

Apa sebenarnya unduhan itu?

Pengertian dan pengertian download

Istilah download aslinya berasal dari bahasa Inggris yang bila diucapkan dalam bahasa Indonesia berarti download. Jika kita menafsirkannya dari awal, mengunduh adalah aktivitas yang melibatkan mengunduh file yang ada di komputer lain melalui Internet.

Menurut Arbakid, istilah download adalah proses pengambilan file yang terdapat di jaringan internet dengan menggunakan berbagai metode, seperti web server, mail server, FTV server dan sistem sejenis lainnya.

Sederhananya, aktivitas pengunduhan adalah versi rumit dari aktivitas penyalinan data. Jika, saat menyalin data, Anda menyalin data dari perangkat komputer ke perangkat penyimpanan menggunakan port USB atau kabel data, aktivitas pengunduhan memungkinkan Anda untuk menyalin data dari komputer lain ke perangkat penyimpanan komputer yang Anda miliki di komputer. melalui media jaringan internet.

Artikel Terkait :  Senam : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis

Fungsi unduhan

Mengunduh adalah proses mengunduh atau bahkan mendapatkan data dari Internet, baik itu file, dokumen aplikasi game, atau yang lainnya. Jika Anda mengambilnya dari internet, unduhan lama akan diunduh
Simpan atau unggah file ke Internet.
Unduh sistem dan cara kerjanya

Sebagaimana dijelaskan di atas, aktivitas download dapat dilakukan dengan mentransfer file ke komputer lain melalui jaringan Internet. Jika pengguna komputer ingin mengunduh data dari situs web orang lain, orang tersebut setidaknya harus melakukan langkah-langkah berikut: yaitu:

Tersambung ke jaringan internet – Buka halaman website – Masuk ke halaman penyimpanan cloud – Proses download dilakukan melalui jaringan internet.

Perangkat lunak pengunduh ganda

Berikut ini adalah beberapa software download yang sangat populer atau juga banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia:

Manajer unduhan Internet

Adalah perangkat lunak pengunduh premium yang telah terbukti menstabilkan proses pengunduhan yang sedang berlangsung pada perangkat komputasi. Oleh karena itu, salah satu kelebihan IDM dibandingkan dengan pengunduh lainnya adalah fungsi pengunduhan video dari situs populer Youtube.

Sedikit torrent

Merupakan software pengunduh khusus yang hanya dapat digunakan untuk mendownload file berekstensi torrent. Jika Anda membandingkannya dengan pengunduh lain, BitTorrent biasanya jauh lebih aman / lebih baik dalam hal kemungkinan korupsi data. Karenanya, perangkat lunak BitTorrent digunakan dalam proses pengunduhan, yang biasanya lebih lama daripada proses pengunduhan untuk pengunduh lainnya.

Pengunduh Orbit

Adalah pengunduh perangkat lunak yang sangat mirip dengan sistem operasi Internet Download Manager. Perbedaannya adalah perangkat lunak Orbit Downloader memiliki keunggulan unduhan yang stabil atau dapat diunduh secara gratis.

Download hak cipta

Mengunduh file media melibatkan penggunaan tautan dan pembingkaian materi internet dan tunduk pada undang-undang hak cipta. Streaming dan download dapat membuat salinan dari karya yang melanggar hak cipta atau hak lainnya. Organisasi yang mengoperasikan situs web ini dapat dimintai pertanggungjawaban atas pelanggaran hak cipta dengan meminta orang lain untuk melakukannya.

Artikel Terkait :  35 Contoh Kalimat Request Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Server hosting terbuka memungkinkan pengguna untuk mengunggah file ke server pusat, yang menghasilkan bandwidth dan biaya ruang hard disk karena file yang dihasilkan dengan setiap unduhan. Server hosting anonim dan terbuka membuat hosting yang bertanggung jawab menjadi sulit. Langkah-langkah hukum melawan teknologi di balik “berbagi file” tanpa izin telah terbukti berhasil untuk jaringan terpusat (seperti Napster) dan tidak berkelanjutan untuk jaringan terdesentralisasi seperti (Gnutella, BitTorrent).

Mengunduh dan streaming mengacu pada penggunaan Internet yang lebih umum untuk memfasilitasi pelanggaran hak cipta, juga dikenal sebagai “pembajakan perangkat lunak”. Sejak hosting statis, yang terbuka untuk salinan karya yang tidak sah (yaitu jaringan terpusat), sering ditolak dengan cepat dan tidak perlu, dalam beberapa tahun terakhir masalah hukum cenderung dengan penggunaan teknologi web dinamis (jaringan terdesentralisasi, pelacak BitTorrents) sebagai solusinya adalah pemilik menangani peluang hak cipta untuk secara langsung melibatkan pengecer dan konsumen tertentu.

Litigasi di Uni Eropa

Di Eropa, Pengadilan Uni Eropa (ECJ) telah memutuskan bahwa membuat salinan sementara atau cache dari sebuah karya (berhak cipta atau sebaliknya) secara online adalah legal. Putusan British Meltwater ditutup pada 5 Juni 2014.

Keputusan pengadilan menyatakan: “Pasal 5 dari Arahan 2001/29 / EC Parlemen Eropa dan Dewan 22 Mei 2001 tentang harmonisasi aspek-aspek tertentu dari hak cipta dan hak terkait dalam masyarakat informasi harus ditafsirkan sebagai bermakna. bahwa tangkapan layar komputer pengguna dan salinan hard drive komputer ini di-cache di Internet yang dibuat oleh pengguna akhir saat melihat situs web memenuhi persyaratan bahwa salinan ini harus sementara, bahwa salinan itu harus sementara atau tidak disengaja dan bahwa mereka merupakan bagian tak terpisahkan dan menjadi bagian integral dari proses teknologi dan ketentuan yang diatur dalam Pasal 5 Petunjuk ini dan dapat diproduksi dengan sesuai tanpa izin dari pemilik hak cipta.

Pada 17 April 2009, pengadilan Swedia menghukum empat pria yang menjalankan situs web The Pirate Bay atas pelanggaran hak cipta. Pirate Bay didirikan pada tahun 2003 oleh organisasi anti-hak cipta Swedia, Piratbyrån, untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk mengunduh file film atau musik dari pihak ketiga. Banyak dari mereka menyalin file tanpa izin. Pirate Bay tidak menyimpan salinan file di servernya sendiri, tetapi menyediakan koneksi peer-to-peer ke server lain yang menyimpan salinan tersimpan. Rupanya, teori penuntutan adalah bahwa para terdakwa secara aktif menyinggung perilaku mereka. Menurut undang-undang hak cipta A.S., ini disebut teori pertanggungjawaban Grokster.

Artikel Terkait :  Perbedaan 'Argue vs Discuss' Dalam Bahasa Inggris

Pengadilan distrik Swedia telah menghadiahkan empat terdakwa SEK 30 juta (US $ 3.600.000) sebagai ganti rugi dan satu tahun penjara. “Para terdakwa melanjutkan kejahatan yang dilakukan oleh pengelola berkas,” kata hakim pengadilan distrik Tomas Norstöm. Dia menambahkan, “Anda telah begitu membantu sehingga Anda melangkah ke ranah pertanggungjawaban pidana.” “Kami tentu saja akan mengajukan banding,” kata bek Per Samuelsson. Pirate Bay memiliki 25 juta pengguna dan merupakan salah satu situs web berbagi file terbesar di dunia. Diakui bahwa The Pirate Bay sendiri tidak membuat salinan atau menyimpan file, tetapi pengadilan tidak menganggap fakta ini dibatalkan. “Dengan menyediakan situs web dengan … fungsi pencarian yang berkembang dengan baik, fasilitas pengunggahan dan penyimpanan yang mudah, dan pelacak yang terhubung ke situs web, terdakwa telah memicu kejahatan yang dilakukan oleh pembuat file,” kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: