Pengertian Abstrak, Fungsi, Jenis, Menurut Para Ahli

Diposting pada

Definisi abstrak

pengertian-abstrak

Pengertian abstrak adalah penjelasan singkat tentang isi suatu makalah atau artikel yang umumnya terdapat pada awal penulisan untuk menjelaskan secara singkat isi makalah.

Ada pula penjelasan bahwa makna abstrak ini adalah menyajikan suatu dokumen secara ringkas, akurat, dan jelas, menyampaikan isi atau esensi dokumen tanpa menambahkan kritik atau interpretasi.

Penggunaan istilah abstrak ini juga dapat ditemukan di bidang lain seperti seni dan hukum. Di bawah ini adalah beberapa makna abstrak di bidang ini, termasuk:

Seni abstrak

Jenis seni rupa kontemporer yang tidak merepresentasikan objek di dunia aslinya, tetapi tidak menggunakan warna dan bentuk yang representatif.

Hukum

Makna abstrak dalam bidang hukum ini adalah pernyataan singkat yang merangkum pokok-pokok suatu dokumen hukum.

Objek abstrak

adalah objek yang tidak terlihat oleh mata atau tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik itu nama situasinya, profesinya, sifatnya, ukurannya, dll.

Pahami ringkasan menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan abstrak, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Frederick Wilfrid Lancaster

Menurut Frederick Wilfrid Lancaster, definisi abstrak ini merupakan representasi isi sebuah dokumen yang ringkas namun akurat. Meskipun semua kalimat dalam dokumen digunakan, ringkasan ini adalah teks yang disiapkan oleh pembuat ringkasan, bukan kutipan langsung dari penulis.

Artikel Terkait :  Perbedaan "Holiday vs Holidays" Dalam Bahasa Inggris

2. Clarence W Rowley

Menurut Clarence W Rowley, yang dimaksud dengan abstrak adalah menyampaikan isi dokumen secara tepat dan gaya yang sama persis dengan dokumen aslinya.

3. Organisasi Standar Internasional (ISO)

Menurut ISO, yang dimaksud dengan abstrak adalah uraian singkat namun akurat yang menyajikan isi suatu dokumen, tanpa interpretasi atau kritik tambahan, dan tanpa melihat siapa penulis esai tersebut.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, definisi abstrak ini tidak berwujud; informal; niskala; niskala. Sedangkan pengertian yang kedua, ringkasan, diartikan sebagai ringkasan (esai, laporan, dsb). Ringkasan; Pembuluh darah.

Fungsi abstrak

Pada dasarnya fungsi abstrak dari suatu karya adalah menjelaskan secara singkat gambaran umum suatu kajian. Secara rinci dibawha ini merupakan fungsi abstrak yang meliputi:

1. Komponen utama laporan hasil penelitian

Ringkasan ini merupakan salah satu komponen utama dalam laporan penelitian. Dengan ringkasan ini, pembaca dapat mengetahui apa intisari atau hasil dari sebuah laporan penelitian.

2. Gambaran umum isi laporan penelitian

Dalam abstrak suatu penelitian memberikan gambaran tentang isi laporan penelitian yang disusun oleh penulis. Dengan begitu, laporan penelitian lebih mudah dipelajari.

3. Bahan yang Perlu Dipertimbangkan untuk Pembaca

Ringkasan ini juga membantu pembaca memutuskan untuk membaca seluruh isi laporan penelitian atau tidak. Dengan membaca abstrak, pembaca juga akan paham bahwa isi tulisan sesuai dengan yang mereka cari.

Jenis abstrak

Pada dasarnya, ringkasan ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada fungsi dan orientasi pembacanya. Di bawah ini adalah beberapa jenis abstrak, diantaranya sebagai berikut:

1. Ringkasan informatif

Merupakan ringkasan yang memberikan informasi dan data yang lengkap sehingga pembaca tidak perlu membaca naskah aslinya kecuali ingin menggali lebih dalam. Dalam ringkasan yang informatif, hasil serta prinsip pekerjaan (tujuan, metode), kesimpulan dari artikel atau makalah asli disajikan dengan jelas untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen asli.

Artikel Terkait :  Radiasi Benda Hitam: Intensitas, Teori, Radiasi, Energi, Perpindahan, Hukum

2. Ringkasan indikatif

Ini adalah jenis ringkasan yang secara singkat dan tepat menggambarkan masalah yang muncul dalam makalah atau laporan lengkap. Tujuan ringkasan indikatif ini adalah untuk memberikan penjelasan singkat dan ringkas tentang isi informasi asli dan hanya untuk memberikan indikasi ruang lingkup surat yang dimaksud.

Sekian, dan terima kasih telah membaca pengertian abstrak, fungsi, dan jenisnya. Menurut para ahli, semoga apa yang dijelaskan tentang abstrak ini semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih banyak.

Sumber :