Tutorial Membangun Trust Online

Diposting pada

Bagaimana membangun kepercayaan secara online agar penjualan meledak

Tutorial Membangun Trust Online

Bagaimana membangun kepercayaan adalah sesuatu yang perlu dipahami oleh setiap pengusaha. Karena ini adalah rencana jangka panjang yang penting untuk menjadi sukses.

Terutama dalam hal pendekatan online. Kepercayaan jelas merupakan aspek penting ketika pelanggan berinteraksi di internet.

Jadi dari mana harus mulai membangun kepercayaan itu?

Bagaimana membangun kepercayaan bisnis online

Sebelumnya, kita telah berbicara tentang apa itu kepercayaan dan manfaatnya bagi bisnis. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan pembelian ulang.

Ini secara alami terjadi ketika Anda terus-menerus berusaha meyakinkan pelanggan. Kuncinya adalah komunikasi, komitmen dan kompetensi.
cara membangun kepercayaan

Lebih lengkapnya, berikut kami rangkum beberapa cara membangun kepercayaan dengan pendekatan online.

1. Memberikan pengalaman otentik

Pelanggan bersedia membayar mahal selama mereka mendapatkan pengalaman otentik.

Dalam konteks online, pengalaman itu bisa berupa layanan, interaksi, atau penggunaan produk. Intinya: Pelanggan tidak akan mendapatkannya di tempat lain

Inilah kesempatan Anda untuk membangun kepercayaan.

Misalnya dengan menghadirkan konten eksklusif, layanan pelanggan terbaik atau platform yang dipersonalisasi.

2. Bagikan ulasan positif pelanggan

Rating, ulasan, dan testimoni pelanggan sangat penting untuk membangun kepercayaan online.

Pamerkan media sosial atau situs web Anda untuk membuat pelanggan mempercayainya.

Menurut Hubspot [1], pelanggan lebih cenderung mempercayai apa yang dikatakan pelanggan lain karena ulasan pelanggan bersifat objektif.

Alasan lain adalah pelanggan tidak punya banyak waktu untuk meneliti. Oleh karena itu, rating atau review biasanya menjadi tolak ukur utama.

Bisnis Anda harus menggunakannya sebagai strategi pemasaran

3. Menggunakan konsep KLT (Know, Like, Trust).
cara membangun kepercayaan
Sumber: SYP Media

Artikel Terkait :  Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap

Pada dasarnya, TLC adalah cara untuk membuat pelanggan mengenal bisnis Anda dan kemudian mempercayai mereka. Konsep ini sangat populer di internet marketing.

Gustavson’s 2021 Brand Trust Index [2] menyatakan bahwa kesadaran sangat mempengaruhi minat pelanggan.

Keakraban menjadi kepercayaan seiring waktu.

Berikut cara mengembangkan TLC melalui internet, menurut Tracy Ring [3]:

Posting konten secara teratur untuk mempertahankan keterlibatan.
Manfaatkan konten buatan pengguna (UGC) untuk membuat pelanggan Anda merasa diperhatikan.
Tunjukkan seseorang sebagai perwakilan bisnis di depan kamera, misalnya sebagai duta merek.

4. Jangan buang waktu pelanggan

Poin keempat ini mencakup hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam layanan pelanggan.

Harus diakui, slow reply memang mengganggu pelanggan.

Untuk mendapatkan kepercayaan, manfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya dengan memberikan jawaban cepat.

Mulai dari hal sederhana seperti langsung menjawab email, chat atau pertanyaan penting di kolom komentar.

Kelihatannya sangat sepele, tapi nyatanya kepercayaan dibangun dari hal-hal kecil seperti itu.

5. Dengarkan keluhan dan selesaikan masalah
cara membangun kepercayaan

Seringkali Anda mengajukan keluhan ke layanan pelanggan tetapi tanggapannya tidak seperti yang Anda harapkan.

Anda akan kesal jika hanya mendapatkan jawaban “contoh” dari orang yang melayani. Yang Anda butuhkan saat ini adalah solusi.

Cobalah untuk membangun kepercayaan dengan lebih banyak mendengarkan keluhan pelanggan dan menawarkan solusi.

Perhatian dan kejelasan menciptakan kepercayaan.

6. Jujur dan transparan

Pada akhir tahun 2021, terjadi kebakaran di gedung Cyber ​​[4], menyebabkan ribuan situs web dan aplikasi offline.

Dalam kondisi ini, pelanggan menginginkan kejujuran dan transparansi tentang nasib bisnis mereka dari penyedia.

Toh, meski merugi, pelanggan merasa percaya kepada penyedia karena keterbukaannya dalam proses penyelesaian.

Pelanggan yang terhormat,

Artikel Terkait :  Gojek dan Xiaomi Kolaborasi Bagi Voucher Gratis Rp 239

Kami informasikan bahwa proses pemulihan server hampir selesai.

Berikut kami uraikan kejadian Kebakaran Gedung Cyber ​​dan dampaknya terhadap website Warga RW. pic.twitter.com/unYNWMFGTU
— Rumahweb Indonesia (@rumahwebtweet) 14 Desember 2021

Intinya, gunakan media online sebagai tempat untuk lebih transparan dengan pelanggan. Hindari membuat klaim yang tidak berdasarkan fakta.

7. Menciptakan rasa aman bagi pelanggan
cara membangun kepercayaan

Kunci untuk membangun kepercayaan online adalah membantu pelanggan merasa yakin tentang pembelian mereka.
Vered Kogan, Dewan Pelatih Forbes [5]

Persepsi pengguna internet tentang keamanan umumnya mencakup perlindungan data pribadi dan transaksi.

Jika Anda memberikan keamanan pelanggan untuk keduanya, maka Anda pasti akan memenangkan kepercayaannya.

Temukan cara untuk mengomunikasikan masalah keamanan kepada pelanggan. Misalnya, melalui FAQ, deskripsi produk atau laporan lapangan.

Pelanggan harus menyadari potensi bahaya dan bagaimana melindungi pembelian mereka.

8. Bangun reputasi bisnis online

Anda pasti pernah melihat situs web yang menampilkan logo pelanggan mereka. Misalnya seperti gambar di bawah ini.

Menurut Wyzowl [6], ini adalah salah satu cara termudah untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Setelah orang melihat logo tersebut, mereka akan percaya bahwa perusahaan Anda sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

Masalahnya, bagaimana jika Anda belum pernah menerima proyek dari klien besar? Bukankah kita harus jujur ​​dan transparan?

Saran kami, gunakan layanan penerbitan media untuk mendapatkan nama perusahaan Anda di media nasional seperti Kompas, detik, CNN dll.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan banyak perhatian, tetapi juga mengklaim “diliput oleh media nasional” dan menunjukkan logo Anda. ️
Menyimpulkan

Intinya, cara membangun kepercayaan online adalah dengan memanfaatkan semua platform dan fitur yang ada. Maksimalkan komunikasi, keterlibatan, dan keahlian Anda untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pelanggan. Setelah melakukan poin-poin di atas, kepercayaan bisnis Anda perlahan akan meningkat.

Artikel Terkait :  Perbedaan "Holiday vs Holidays" Dalam Bahasa Inggris

Sumber :