Apakah Anda sudah lama menggunakan Windows? Mari kita lihat 12 evolusi sistem operasi Windows ini

Diposting pada

Apakah Anda sudah lama menggunakan Windows? Mari kita lihat 12 evolusi sistem operasi Windows ini

evolusi sistem operasi Windows

Memang benar, sistem operasi ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada komputer pribadi di seluruh dunia. Namun tahukah Anda bagaimana sistem operasi yang Anda gunakan pada laptop ini berkembang? Berapa lama waktu yang dibutuhkan Windows untuk berevolusi dari versi aslinya ke versi terbaru saat ini? Jika belum tahu jawabannya, yuk simak perkembangan sistem operasi Windows dari dulu hingga sekarang. Berikut penjelasannya.
1. Pada tahun 1985 Windows 1.0 lahir
Gambar: BT

Tepat pada tanggal 20 November 1985, Bill Gates dan Paul Allen merilis Windows 1.0. Pada versi pertama Windows, hanya sistem MS-DOS yang harus menggunakan perintah untuk menjalankannya. Jadi mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan komputer. Versi ini masih hanya menggunakan basis 16-bit.
2. Pada tahun 1987 muncul Windows 2.0
Gambar: Youtube

Masih sama dengan Windows 1.0, Windows dalam versi ini masih menggunakan basis 16-bit yang sangat sederhana. Pembaruan yang tersedia di Windows 2.0 adalah “minimize” dan “mazimate”. Dan Anda dapat menggunakan mode memori meskipun hanya 1 megabit.
3. Tiga tahun kemudian (1990) muncul Windows 3.0
Gambar: WinWorld

Windows 3.0 diluncurkan pada 22 Mei 1990 dan membawa beberapa pembaruan. Salah satunya adalah SDK, yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan lebih banyak aplikasi untuk Windows. Selain itu, Windows 3.0 memiliki kemampuan membaca kartu grafis SVGA dan XGA.

[promotion_banner id=”595416″ title=”Promosi Belanja Online, Kode Kupon Toko Online, Diskon & Kupon” image_url=”https://content.shopback.com/en/wp-content/uploads/2017/12 /12103254 / 847×1001.gif”]
4. Pada tahun 1992, Windows 3.0 disempurnakan menjadi Windows 3.1
Gambar: WinWorld

Artikel Terkait :  31 Contoh Kalimat Berisikan Simple Present Tense

Setelah kemunculan Windows 3.0, Windows 1992 memperbarui versi terbarunya ke Windows 3.1. Versi ini hadir dengan benteng TrueType. Selain itu, Windows 3.1 adalah Windows pertama yang menyediakan desktop publishing.
5. Seperti namanya, Windows 95 lahir pada tahun 1995
Gambar: TNW

Ada banyak pembaruan untuk versi Windows 95, seperti B. Dukungan jaringan internet, dial-up, instalasi perangkat yang perlu terhubung, dan plug and play. Ini menawarkan kemampuan multimedia pada basis 32-bit.
6. Begitu juga dengan Windows 98 yang lahir pada tahun 1998
Gambar: Lifewire

Ekspansi untuk versi yang dirilis pada 25 Juni 1998 ini memang sangat menarik. Pembaruan didukung dengan port USB. Seperti keyboard USB, joystick, hub USB, pemindai, mouse, dan USB lainnya.
7. Pada awal milenium, Windows merilis Windows ME
Gambar: youtube

Windows Millennium Edition atau disingkat Windows ME lahir pada tahun 2000. Sistem operasi ini dirancang khusus untuk pengguna komputer rumahan. Namun, versi ini tidak terlalu populer. Ada rumor bahwa banyak aplikasi yang tidak kompatibel dengan Windows ME.
8. Setahun kemudian, Windows XP lahir
Gambar: techSpot

Dapat dikatakan bahwa Windows XP membawa angin segar ke dunia komputer. Banyak pembaruan dalam versi ini. Beberapa tambahan pada Windows XP termasuk fitur keamanan, peningkatan keandalan, dan kinerja yang sangat baik. Karena tampilannya sendiri menjadi lebih menarik, begitu juga dengan fitur remote desktop, system file encryption dan system restore.

Sumber :