(Dengan Flashdisk/CD) Cara Instal Ulang Windows 7, 8, 10, & Xp + Gambar

Contents [Hide]
    (Dengan Flashdisk/CD) Cara Instal Ulang Windows 7, 8, 10, & Xp + Gambar
    5 (100%) 14 votes

    (Dengan Flashdisk/CD) Cara Instal Ulang Windows 7, 8, 10, & Xp + Gambar

    Cara Install Ulang Semua Versi Windows – Kini hampir setiap orang pasti memiliki satu perangkat komputer atau laptop. Dari sekian banyak pengguna dan juga mungkin anda pernah mengalami kerusakan software pada komputernya. Dengan melakukan install ulang pada sebuah PC nantinya PC itu akan seperti baru lagi karena semua file sistem nya dihapus dan di install kembali.

    Install ulang pada windows biasanya dilakukan untuk memperbaiki error PC tidak bisa hidup, komputer melambat, terjangkit virus dan masih banyak lagi permasalahan berkaitan tentang error sistem.

    Dengan mudah nya akses informasi saat ini, kini anda bisa dengan mudah mempelajari cara install ulang windows anda sendiri. Tidak perlu lagi anda repot-repot membawa komputer ke teknisi dan mengeluarkan sejumlah uang, dengan mempelajari nya sendiri secara langsung anda akan menambah ilmu dan berhemat.

    Sebelumnya perlu anda ketahui sebenarnya cara menginstall ulang windows pada semua versi cukup mudah. Secara garis besar caranya sama. Hal yang membedakan adalah interface atau tampilannya, saya yakin nanti anda bisa menyesuaikan.

    Namun tetap pada tutorial ini akan dijelaskan secara detail dan dilengkapi dengan gambar, semoga bisa mempermudah anda untuk mengikutinya.

    Jika anda sudah mengerti gambaran besarnya tentang install ulang pada sebuah PC, selanjutnya langsung simak tutorial lengkap cara install ulang windows 7, 8, 10 dan xp hanya di RAM.CO.ID

    Sebelum memulai install ulang, kita persiapan dulu bahan bahan yang kita perlukan nantinya. Hal yang utama adalah kita sudah memiliki Media Installasi berupa Bootable flashdisk atau CD yang nantiya akan kita Burn/Isi Sistem Operasi yang kita ingin install pada sebuah PC.

    Tutorial (Dengan Flashdisk/CD) Cara Instal Ulang Windows 7, 8, 10, &  Xp + Gambar

    Cara Install Ulang Menggunakan FlashDisk

    Pertama kita harus membuat bootable Flashdisk dan ada banyak cara untuk membuatnya. Pilihannya ada yang menggunakan Software dan tanpa menggunakan Software. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Rufus, sebenarnya masih banyak software lain diluaran sana tinggal anda pilih saja mana yang cocok.

    • Download Rufus kemudian Install [Download]
    • Hubungkan FlashDisk anda ke PC kemudian buka Software Rufus nya.

    Cara Menggunakan Rufus

    • Selanjutnya masukan file iso Windows yang ingin anda install.
    • Caranya pada tulisan  “Create Bootable Disk Using” disampingnya ada ikon file iso. Klik kemudian pilih file iso anda.
      Pilih file iso pada rufus
    • Kemudian klik start untuk memulai. Perlu anda perhatikan bahwa flashdisk akan diformat jadi backup dulu data anda. Proses burn iso memakan waktu sekitar 5 menit.

    Cara Install Ulang Menggunakan CD atau DVD

    Selain meggunakan Flashdisk ternyata ada opsi lain untuk menginstall ulang windows pada sebuah PC yaitu menggunakan CD. Pada intinya sama yaitu kita burn file iso windows sebelum digunakan untuk install ulang.

    • Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan software CDBurnerXp, anda bisa menggunakan software lain favorit anda karena pada intinya kita burn file iso di DC/DVD. Download CDBurnerXp    [Download]
    • Masukan CD atau DVD di CD Room anda. Saya sarankan menggunakan DVD karena file iso cukup besar.
    • Setelah anda download kemudian lanjut install dan jalankan CDBurnerXP.
    • Ada banyak menu pilihan pada CDBurnerXp namun yang kita gunakan adalah Burn Iso Image.
      burn iso image di cdburnerxp
    • Pilih Burn Iso Image. Kemudiaan akan tampil seperti dibawah ini. Pilih Target Device, arahkan pada drive CD Room anda.
      Setting cdrburnerxp
    • Untuk setingan lainnya biarkan saja, atau terserah anda jika anda ingin megatur disekitaran kecepatan burning dan lain lain. Selanjutnya klik browse dan arahkan pada file iso windows anda.
      pilih file iso di CDBurnerXp
    • Langkah terakhir klik Burn Disc. Proses burning membutuhkan waktu 5-10 menit tergantung dari kecepatan burn yang anda pilih.

    Setalah file iso sudah masuk di Media installasi yang sudah anda siapkan baik melalui FlashDisk atau CD DVD selanjutnya untuk cara install di PC simak tutorial nya dibawah ini. Tutorial lengkap masing masing pada semua versi windows dari xp hingga 10.


    Cara Install Ulang Windows 7

    Sebuah komputer hidup dengan normal karena memiliki driver yang berisi  sistem operasi yang nantinya akan diload. Nah untuk memulai install dari Media installasi (Disini contohnya menggunakan Flashdisk) kita harus mengubah urutan booting pada PC ke USB FlashDisk.

    • Pertama ketika PC hidup anda bisa melihat pada layar hitam ada panduan tekan F2 atau F12 For Setup. Tekan sesuai instruksi yang muncul setiap PC berbeda.

    tampilan bios

    • Kemudian geser ke Tab Boot dan ganti First Boot ke USB jika menggunakan FLashdik dan CD Room jika menggunakan CD/DVD.
      Urutan Booting Bios
    • Selesai simpan dan exit atau tekan F10 dan OK.
    • Silahkan tunggu PC anda reboot. Jika anda tulisan Press Any To Continue silahkan tekan tombol apa aja untuk melanjutkan.
    • Pilih English agar lebih mudah.
      Cara install ulang windows 7
    • Klik Install Now.
      Cara install ulang windows 7
    • Kemudian Centang I Accept The License Terms Klik Next.
      Cara install ulang windows 7
    • Akan ada pilihan upgrade dan custom. Untuk install ulang yang clean/bersih pilih Custom.
      Cara install ulang windows 7
    • Selanjutnya akan ada pilihan drive yang tersedia. Disini saya menggunakan satu drive saja. Jika anda memiliki beberapa drive hardisk. Silahkan pilih driver yang memang khusus untuk sistem operasi.
      Cara install ulang windows 7
      Saran saya sebaiknya untuk install yang lebih baik anda format terlebih dahulu. Cara nya klik Drive Option pilih Drive Disknya kemudian klik Format, jika sudah finish silahkan back dan klik Next.
      Cara install ulang windows 7
    • Setelah anda Format selesai dan anda klik Next, selanjutnya PC akan Copy file ke hardisk. Proses ini akan memakan waktu sekitar 30 menit tergantung kesehatan hardisk anda.
      Cara install ulang windows 7
    • Setelah selesai komputer akan restart sendiri dan akan tampil seperti ini. Masukan username dan Nama PC untuk anda.
      Cara install ulang windows 7
    • Selanjutnya untuk password bisa anda isi atau kosongkan saja. Klik Next.
      Cara install ulang windows 7
    • Kemudian akan ada permintaan masukan serial key, bisa anda isi jika anda punya dan bisa anda lewatkan. Akan ada waktu batas pengisian serial key nantinya atau menggunakan windows loader untuk remove watermark. Klik Next.
      Cara install ulang windows 7
    • Kemudian anda akan muncul dialog box untuk setting windows update, silahkan pilih ask me later.
      Cara install ulang windows 7
    • Untuk Indonesia Pilih UTC +7 Bangkok, Hanoi, Jakarta.
      Cara install ulang windows 7
    • Klik Next kemudian setting lanjutkan akan berjalan. Silahkan tunggu hingga masuk ke desktop.
      Cara install ulang windows 7
    • Proses install windows 7 sudah selesai selanjutnya anda bisa mulai install driver dan software yang anda perlukan.
      Cara install ulang windows 7

    Cara Install Windows 8 / 8.1 Ke Halaman Selanjutnya

    Paging 1 2