[Firewall] Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cara Kerja Pada Jaringan Komputer

Contents [Hide]
    [Firewall] Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cara Kerja Pada Jaringan Komputer
    5 (100%) 5 votes

    Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

    [Firewall] Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cara Kerja Pada Jaringan Komputer

    Kita sebagai pengguna aktif sebuah komputer seharusnya mengetahui beberapa fungsi kemanan pada sebuah perangka komputer. Jika kita mengabaikannya tentu tidak menutup kemungkinan kita lebih rentan untuk mendapat serangan dari luar.

    Jika seoarang pengguna komputer memahami dan mampu menjalankan sebuah prosedur kemanan dalam menggunakan komputer maka akan mengurangi kemungkinan terkena serangan baik dari orang yang tidak bertanggung jawab maupun dari sebuah program virus.

    Pada artikel ini akan dibawah lengkap dari pengertian, fungsi, manfaat, dan cara kerjanya pada sebuah jaringan komputer. Semoga mudah dipahami dan bisa meningkatkan kewaspadaan kita dalam menggunakan komputer yang aman,

    Pengertian Firewall

    Firewall atau bisa dikenal dengan tembok api adalah sebuah sistem kemanan yang berfungsi mengatur otoritas pada lalu lintas jaringan komputer untuk mencegah sebuah tindakan yang tidak aman.

    Firewall adalah sistem keamanan yang sangat efektif untuk menjaga sistem dari serangan program yang tidak dikenali sumbernya.

    Firewall memiliki pengaturan default tersendiri dan juga bisa dicustom oleh seorang admistrator sebuah komputer.


    Fungsi Firewall

    Pada penerapannya, firewall berfungsi membatasi gerak pada sebuah program. Pembatasan tersebut berfungsi jika ada program yang tidak dikenali dan akan bertindak merusak sistem. Kita sebagai pengguna memiliki hak penuh untuk mengatur otoritas firewall tersebut.

    Seorang administrator komputer bisa mengijinkan atau menolak permintaan izin hak akses pada sebuah program. Dengan begitu kita bisa memfilter mana mana saja software yang tidak kenali.

    Berikut ini beberapa detail tentang fungsi dari firewall pada sebuah jaringan komputer.

    • Mengawasi kemudian mengontrol paket data pada sebuah jaringan

      Secara teknisnya sebuah data pada jaringan harus melewati sebuah firewall, dengan begitu firewall akan dengan leluasa dan berkuasa untuk mengawasi lalu lintas data dalam jaringan. Jika firewall telah aktif pada sebuah jaringan, firewall akan melakukan seleksi apakah data tersebut aman atau tidak.

      Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

      Jika sebuah data dianggap aman terhadap komputer maka data akan diijinkan dan diteruskan. Dengan begitu firewall sangat berperan penting dalam keamanan sebuah jaringan komputer.

    • Mengautentikasi sebuah akses pada jaringan

      Semua user yang ingin melakukan akses terhadap sebuah komputer yang terhubung ke jaringan harus melewati proses autentikasi oleh firewall terlebih. Autentikasi diijinkan jika user berhasil memasukan username dan password yang memang dikenali oleh firewall komputer tujuan.

      Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

      Jika autentikasi username dan password gagal maka user tersebut ditolak dari akses. Jika tidak ada proses autentikasi terlebih dahulu maka bisa saja semua user terhubung dan mengakses sistem komputer tersebut.

    • Merekam  dan mencatat setiap arus transaksi pada setiap sesi
      Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

      Selain mengontrol dan mengautentikasi, firewall juga akan mencatat setiap tindakan dalam sebuah sesi. Firewall akan merekam setiap aktivitas dalam sebuah jaringan yang terhubung ke internet ataupun local network.

      Kemudian data tersebut bisa dibaca kembali dan direview oleh admin. Diharapkan nanti administrator komputer bisa mengevaluasi apakah ada tindakan tidak aman selama ini.



    Manfaat Firewall Pada Sebuah Jaringan

      • Mencegah Pembajakan Konten

        Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

        Pembajakan atau hacking konten melalui sebuah jaringan adalah tindakan kejahatan pada jaringan yang sering kali terjadi. Data yang anda miliki bisa dengan mudah dicuri atau dimodifikasi oleh seseorang jika orang tersebut mampu menembus jaringan anda.

        Jadi firewall disini membantu anda untuk mengamankan adanya tindakan pencurian data tersebut jadi jangan sesekali menonaktifkan firewall jika anda sedang terhubung ke jaringan publik.

      • Mencegah Virus atau Malware Menjangkiti Komputer Anda

        Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

        Virus dan malware adalah salah satu ancaman kemanan anda ketika anda sedang berselancar diinternet. Virus bisa masuk kedalam komputer anda tanpa anda sadari. Jika sudah terlanjur masuk maka cukup sulit untuk mengatasinya.

        Tanpa pengamanan yang ketat dari sebuah firewall maka sebuah serangan virus bisa dengan mudah menjangkit karena biasanya sebuah virus menyamar sebagai sebuah program yang seolah-olah anda sendiri yang mendownloadnya.

        Oleh karena itu firewall sangat penting untuk anda aktifkan terlebih dahulu sebelum anda terhubung keinternet. Firewall akan menjaga anda dari serangan malware dan memberikan rasa aman dalam berselancar di internet.

      • Memblokir Konten Pada Internet

        Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja FIrewall

        Semua konten ada di internet, baik yang bermanfaat maupun yang negatif yang bisa dengan mudah diakses oleh pengguna internet. Jika semua konten bisa diakses dengan bebas tentunya berbahaya untuk anda atau untuk seseorang yang seharusnya tidak boleh mengakses konten tersebut.

        Disini firewall bermanfaat untuk memblokir konten-konten yang sekiranya tidak baik kita akses dan orang orang terdekat kita. Dengan begitu hanya konten yang bermanfaat yang bisa anda akses.

    Cara Kerja Firewall

    Firewall berada diantara jaringan dan komputer bagai sebuah dinding yang bisa menghalangi atau mengizinkan sesuatu masuk.

    Jika firewall anda aktif maka semua data kan terfilter, jika data diaman aman maka akan diijinkan, sebaliknya jika data tersebut berbahaya maka akan segera diblok. Firewall mengawasi seluruh pergerakan data anda. Secara garis besar cara kerja firewal dapat digambarkan seperti ini:

    • Komputer anda terhubung kesebuah jaringan lokal atau internet.
    • Ketika komputer lain atau sebuah software ingin mengontrol sistem anda maka akan muncul kotak dialog pertanyaan diijinkan atau tidak.
    • Anda bisa mengijinkan atau menolak permintaan akses tersebut.

    Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara kerja Firewall pada sebuah jaringan. Semga informasi diatas bisa dipahami dan bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.