Cara Mudah Screenshot di PC Laptop Terbaru

Cara Screenshot di Laptop – Dari namanya “Screenshot” bisa kita artikan tangkapan layar atau potret dari layar monitor. Screenshot bisa kita manfaatkan jika anda ingin mengabadikan gambar dari layar. Misalnya percakapan dari media sosial, komentar di facebook dan lain lain.

Kemudian jika anda ingin membuat sebuah tutorial step by step pasti akan lebih memudahkan jika dilengkapi dari gambar. Cara untuk screenshoot sebenarnya sangat mudah sekali namun kebanyakan orang hanya mengetahui cari yang sedikit rumit.

Namun pada tutorial kali ini akan kami berikan 2 cara yang bisa anda coba untuk mengambil gambar pada PC baik di laptop maupun pada desktop. Berikut tutorial lengkapnya.

Cara Mudah Screenshot di PC Laptop Terbaru

Menggunakan Aplikasi Lightshot

Ligshot adalah sebuah aplikasi untuk melakukan tangkapan layar yang mendukung banyak platform komputer. Cara penggunaannya cukup mudah. Dengan settingan default anda hanya perlu menekan tombol PrtSC SysRq kemudian layar anda akan freeze dan anda hanya perlu menandai bagian yang akan di shot menggunakan kursor.

cara screenshot di laptop

Download Software Lighshot: https://app.prntscr.com/en/download.html

Menggunakan Tombol PrtSC SysRq

cara screenshot di laptop

Kemudian cara kedua adalah menggunakan bantuan tombol print screen tanpa harus menginstall software baru. Caranya adalah tekan tombol PrtSC SysRq, memang sekilas tidak terjadi apa apa namun sebenarnya gambar tangkapan layar sudah tersimpan. Langkah selanjutnya adalah pergi ke Paint kemudian tekan paint. Disana anda bisa langsung save keseluruhan atau crop sebagian.

Demikian tutorial cara screenshot di laptop dan komputer desktop semua tipe. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih sudah berkunjung.