[Mudah] 2 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 di Semua Tipe PC

Contents [Hide]

    Cara Masuk Safe Mode Windows 10 – Apa itu safe mode? Safe mode jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah berarti Mode Aman. Maksudnya windows akan booting dalam mode dimana driver dan software yang tidak diperlukan tidak dijalankan saat booting.

    Termasuk file yang dicurigai menjadi virus tidak akan ikut aktif dalam safe mode. Dengan demikian kita bisa menganalisa driver dan program yang bermasalah dengan safe mode ini. Namun jangan heran tampilan desktop akan sedikit berbeda karena driver VGA anda juga akan tidak aktif.

    Kemudian cara untuk masuk safe mode pun beragam. Setidaknya ada 4 cara untuk masuk safe mode. Jika salah satu cara tidak berjalan anda bisa menggunakan alternatif cara lainnya. Cara-cara tersebut bisa diterapkan diwindows 10 disemua tipe merk PC atau laptop anda. Bahkan beberapa cara itu bisa diterapkan untuk windows 7 juga. Nah untuk lengkapnya simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

    2 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 di Semua Tipe PC

    • Menggunakan Sistem Configurasi Tool [msconfig.exe ]

    Cara Pertama adalah menggunakan bantuan tool dari msconfig.exe. Jika anda sering melakukan optimasi pada windows tentu tidak asing dengan tool yang satu ini. Tool satu ini banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk mengatur start up pada windows. Pada pembahasan kali ini kita akan menggunakan msconfig untuk masuk ke safe mode. Berikut caranya:

    Tekan logo windows+R

    Kemudian akan muncuk kotak dialog. Ketik msconfig

    Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 10

    Kemudian pilih tab Boot dan pilih Safe boot > minimalCara Masuk Safe Mode Pada Windows 10

    Restart

    • Menggunakan Tombol Shit+Klik Restart

    Cara berikut ini termasuk cara yang paling mudah. Caranya anda hanya perlu klik start dipojok kiri bawah. Kemudian klik Power > Tekan dan Tahan Shift> Klik Restart.

    Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 10

    Kemudian akan muncul Option > Advanced Option > Startup Setting > Restart

    Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 10

    Selanjutnya akan  muncul 3 pilihan safe mode. Pilih sesuai kebutuhan anda. Jika memilih Safe Mode saja. Tekan F4 > Enter.

    Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 10


    Demikian tutorial cara masuk safe mode pada windows 10. Dua cara tersebut adalah cara paling mudah yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah berkunjung.